5 Provinsi Termuda di Indonesia

Jika kita ditanya mengenai jumlah provinsi di Indonesia tentunya dengan cepat akan menjawab 34. Namun jika pertanyaan tersebut dirubah menjadi sebutkan 5 provinsi termuda di Indonesia, apakah kita bisa menjawabnya dengan cepat? Dibawah ini akan kami bagikan 5 provinsi termuda di Indonesia.

1. Provinsi Kalimantan Utara
Provinsi ini merupakan provinsi termuda di Indonesia yang beribukota tanjung selor, provinsi kalimantan utara adalah hasil pemekaran dari provinsi kalimantan timur tepatnya pada tanggal 25 Oktober 2012. Kalimantan utara sendiri memiliki batasan langsung dengan negara tetangga yakni dengan negara malaysia tepatnya wilayah serawak dan sabah.

provinsi-termuda-di-indonesia
2. Provinsi Sulawesi Barat 
Provinsi ini merupakan provinsi termuda kedua di Indonesia, ibukota sulawesi barat adalah Mamuju. Perlu anda ketahui bahwa provinsi ini merupakan pemekaran dari provinsi sulawesi selatan pada tahun 2004 silam, tepatnya pada tanggal 5 oktober. Dasar dari pemekaran provinsi Sulawesi Barat adalah undang-undang nomor 26 tahun 2004
provinsi-termuda-di-indonesia
3. Provinsi Papua Barat
Papua barat memiliki sejarah yang cukup unik daripada provinsi lain. Pada masa awal berdirinya provinsi papua barat namanya adalah Irian Jaya Barat. Provinsi ini ditetapkan pemerintah Indonesia pada tahun 1999 dengan undang-undang nomor 45 tahun 1999 dengan nama Irian Jaya Barat. Provinsi Papua Barat Beribukotakan di Manokwati. 

provinsi-termuda-di-indonesia
4. Provinsi Gorontalo
Gorontalo merupakan provinsi di pulau sulawesi yang diresmikan pemerintah pada tahun 2000 berdasarkan UU nomor 38. Provinsi ini memeliki ibukota di kota Gorontalo.
provinsi-termuda-di-indonesia
5. Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)
Kepulauan riau merupakan sebuah provinsi baru yang masuk dalam 5 provinsi termuda di Indonesia. Berdiri pada tahun 2002 dan beribukotakan di Tanjungpinang. Selain merupakan provinsi termuda di indonesia kepulauan riau juga termasuk wilayah terdepan, dan terluar. Hal ini dibuktikan dengan batasan wilayah kepulauan riau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.
provinsi-termuda-di-indonesia

Kelima provinsi diatas merupakan provinsi termuda di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. Selamat bergembira.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Provinsi Termuda di Indonesia