Contoh Jenis Tari Kontemporer Nusantara

Dapatkah kamu menyebutkan contoh jenis tari kontemporer nusantara? Selain jenis tari tradisional di Indonesia kita juga mengenal tari kontemporer nusantara. Tarian ini merupakan jenis tarian modern dengan kreatifitas tak terbatas mulai dari gerakan tari, koreografi, busana/ kostum, alat musik pengiring, dan lain sebagainya.

Untuk menjawab pertanyaan di atas di bawah  ini akan kami sampaikan contoh dari tarian kontemporer yang diperkenalkan oleh beberapa seniman di Indonesia.

Tari Cak Rina 

Tarian ini merupakan salah satu jenis tari kontemporer karya seniman Sardono W. Kusumo. Pada awalnya tarian ini diperkenalkan di pulau Bali tepatnya di daerah Banjar Teges, Giyannyar. Tarian Cak Rina mulai dikenal masyarakat pada kisaran tahun 1972.
ilustrasi-contoh-jenis-tari-kontemporer-nusantara-tari-cak-rina

Tari Setan Bercanda


Masih merupakan salah satu hasil kesenian seniman asal Bali, Tari Setan Bercanda diperkenalkan pertama kali oleh I Wayan Dibia. Tarian ini memang terlihat sangat unik dengan kolaborasi alat musik pengiring sederhana yang terbuat dari pecahan bebatuan dan bambu seperti angklung. Tak heran jika sampai saat ini tarian modern ini sangat diminati oleh masyarakat Bali.
ilustrasi-contoh-jenis-tari-kontemporer-nusantara-tari-setan-bercanda

Tari Yapong


Berbeda dengan kedua tari di atas tari yapong yang sangat terkenal ini merupakan hasil karya dari Bagong Kussudiarjo. Tarian ini pertama kali dipentaskan pada acara HUT jakarta yang ke-450.
contoh-jenis-tari-kontemporer-nusantara-tari-yapong

Tari Barong-barongan


Bali memang terkenal sebagai daerah para seniman mulai dari seniman lukis, pahat, dan termasuk pula seniman tari. Tari barong-barongan merupakan tarian kontemporer dari bali yang diciptakan oleh seniman I Wayan Dibia. Keunikan dari tarian ini membuat jenis tari kontemporer garapan I Wayan Dibia menjadi salah satu seni karya anak bangsa yang pantas untuk kita banggakan.
i-wayan-dibia-pencipta-tari-kontemporer

Demikian sajian 4 contoh jenis tari kontemporer nusantara yang ada di Indonesia dan cukup terkenal ketenarannya.

Referensi: http://tetarian.blogspot.com/2015/08/pengertian-tari-kontemporer-beserta-contohnya.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Jenis Tari Kontemporer Nusantara