Properti Kostum Tari Piring Sumatera Barat

Tari piring merupakan icon Provinsi Sumatera Barat khususnya dalam bidang kesenian dan kebudayaan daerah. Properti kostum tari piring sumatera barat merupakan salah satu ciri yang terlihat identik dengan jenis tari daerah yang satu ini. Memang dalam kenyataannya pementasan dan pertunjukan tari piring tidak serta merta menggunakan kostum yang sejenis, akan tetapi terdapat beberapa bagian pakaian yang mencirikan kostum tari piring. Di bawah ini merupakan ciri dari kostum tari piring sumatera barat.

Tengkuluk Tanduk

 Merupakan penutup kepala para penari yang dibuat sedemikian rupa menyerupai tanduk kerbau. Kain yang dipergunakan dalam membuat tengkuluk tanduk adalah kain balapak. Selain itu pada ujung tengkuluk juga biasa dihiasi dengan pernik.
properti-kostum-tari-piring-sumatera-barat

Baju Kurung

Pakaian utama para penari tari piring merupakan baju kurung dengan beragam warna mulai dari biru muda, merah maron, hingga hitam legam. Pada beberapa sisi baju juga terlihat dihiasi oleh pernik berupa sulaman berbentuk bunga. Selain sebagai penghias pernik ini konon juga memiliki makna filosofis bagi masyarakat Minangkabau kususnya dan Sumatera Barat pada umumnya
properti-kostum-tari-piring-sumatera-barat

Selendang

Merupakan kain yang dikenakan melingkar pada tubuh penari dari lengan bagian kanan hingga tubuh bagian bawah/ bawah lengan kanan atau sebaliknya.
properti-kostum-tari-piring-sumatera-barat

Kodek

Merupakan sebutan dari kain sarung yang dikenakan oleh para penari. Sama halnya dengan baju kurung pada kodek juga terdapat beberapa hiasan berwarna emas yang menggambarkan kebijaksanaan.
properti-kostum-tari-piring-sumatera-barat

Dari uraian di atas pasti kita dapat menebak bahwa pakaian adat yang dikenakan oleh penari tari piring merupakan pakaian Bundo Kanduang yakni baju adat Provinsi Sumatera Barat. Dengan membaca artikel di atas tentu kita dapat sedikit gambaran mengenai properti kostum tari piring Sumatera Barat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Properti Kostum Tari Piring Sumatera Barat