5 Tempat Terangker di Indonesia

Kepercayaan orang-orang Indonesia terhadap hal ghaib memang telah ada mulai dari awal peradaban di Nusantara. Salah satu hal yang menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia adalah adanya tempat angker yang menjadi tempat tinggal banyak makhul halus. Di bawah ini akan kami sajikan mengenai 5 tempat terangker di Indonesia versi bukan on the spot.

1. Gunung Merapi Jawa Tengah

Gunung merapi merupakan gunung berapi aktif di Indonesia yang memiliki siklus guguran lava empat tahun hingga sepuluh tahun sekali. Selain terkenal dengan keaktifannya, gunung merapi juga terkenal akan keangkerannya. Tak jarang para wisatawan khususnya yang memiliki hobi bermalam di alam sering kali mengalami keganjilan dan keanehan selama berada di kawasan gunung berapi. 

Masyarakat di sekitar lereng gunung merapi juga mempercayai bahwa gunung berapi merupakan istana makhluk halus. Kawasan di lereng gunung merapi yang terkenal akan keangkerannya adalah pasar bubrah, konon di daerah ini merupakan pusat perekonomian dunia ghaib. Tak jarang pula para pendaki gunung melihat keramaian sebagaimana pasar tradisional dan anehnya setelah kembali/ pagi harinya biasanya para pendaki baru menyadari bahwa tempat yang mereka lewati merupakan tempat yang sering disebut pasar bubrah.
gunung-berapi-angker


















2. Lawang Sewu Semarang
Lawang sewu semarang. Siapa yang tak mengenal bangunan peninggalan sejarah yang satu ini. Lawang Sewu memang menjadi obyek wisaya yang sangat terkenal di Semarang. Ornamen bangunan yang identik dengan bangunan Belanda menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Konon di tempat yang dulu digunakan sebagai pembantaian dan penahanan ini sering kali terlihat makhluh halus yang menampakkan diri berupa pasukan Belanda, wanita dengan luka, maupun penyiksaan-penyiksaan yang seakan menggambarkan kondisi masa lalu. Tidak heran jika tempat ini kerap kali dijadikan sebagai tempat uji nyali dalam berbagai acara.

keangkeran-lawang-sewu























3. Alas Purwo Banyuwangi
penampakan-alas-purwoTempat terangker yang ke-3 dari 5 tempat terangker di Indonesia adalah Alas Purwo. Siapa sangka obyek wisata yang terkenal akan keindahan alam pegunungan ini memiliki misteri di dalamnya. Alas purwo memang menyimpan seribu misteri di dalamnya, selain hamparan pegunungan, wilayah ini juga terdapat gua dan pantai. Konon Alas Purwo menjadi salah satu tempat yang sering dijadikan sebagai tempat bertapa bagi para pencari ilmu ghaib maupun pesugihan.

Jangan kaget jika sewaktu memasuki alas purwo maupun gua di dalamnya terdapat banyak sesajen. Konon banyak orang yang melakukan persemedian/ pertapaan yang sering mengalami gal ghaib di luar akal manusia bahkan hingga mengalami kematian.


Menurut cerita orang setempat, dalam Alas Purwo terdapat lebih dari tiga puluh gua yang kerap kali dikunjungi  masyarakat sekitar maupun luar kota. Konon di tempat ini banyak terdapat siluman, jin, maupun makhluk ghaib lainnya dengan berbagai macam penampakan seperti orang bersuban, genderuwo, tuyul, kuntilanak, dll.

4. Perlintasan Kereta Api Bintaro

Lintasan kereta api di bintaro memang menjadi saksi bisu terjadinya tragedi yang merenggut ratusan nyawa penumpang kereta api pada tahun 1987. Konon korban dalam kecelakaan tersebut sangat mengerikan, diceritakan oleh salah satu saksi mata bahwa pada saat kejadian tersebut rel serta gerbong kereta berwarna merah karena darah, korban serta potongan anggota tubuh tercecer hingga ratusan meter.
kecelakaan-bintaro
Mulai dari sinilah tumbuh kepercayaan di masyarakat sekitar bahwa daerah tersebut kini menjadi daerah angker, banyak masyarakat yang melintasi wilayah tersebut sering melihat sosok ghaib berbagai bentuk penampakan, mulai dari pocong, kuntilanak, hingga sosok yang mengerikan. Potongan anggota tubuh seperti tangan, kaki, maupun yang lainnya kerap kali terlihat oleh orang yang melintas di malam hari.

5. Parang Tritis

keangkeran-pantai-parangtritisSiapa sangka, pantai yang begitu indah dan mempesono di wilayah propinsi Yogyakarta ini menyimpan segudang misteri. Konon Nyi Roro Kidul yang terkenal hingga penjuru nusantara memiliki kerajaan disini. Muncul juga mitos maupun cerita bahwa pantai parangtritis merupakan gerbang utama kerajaan Nyi Roro Kidul, bagi orang yang memiliki linuwih (kelebihan) akan melihat pantai parangtritis sebagai kerajaan yang megah gan mewah. Ada pula masyarakat yang mempercayai jika mengenakan pakaian hijau saat berkunjung di parangtritis akan tenggelam karena menyerupai pakaian Nyi Roro Kidul.

Percaya tidak percaya, itulah fenomena yang terbentuk dari masyarakat Indonesia. semoga sajian 5 tempat terangker di Indonesia versi bukan on the spot di atas dapat menambah wawasan & menjadi hiburan bagi Anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tempat Terangker di Indonesia