Tempat Laku Pesugihan Terkenal di Indonesia

Bukan Indonesia namanya jika tidak erat kaitannya dengan klenik dan ghaib di sekitar kita. Ritual laku pesugihan memang telah terkenal dari jaman dulu hingga masa modern seperti sekarang ini. Secara garis besar orang-orang yang terjerumus dan menjerumuskan diri menuju jalan sesat ini untuk mencari kekayaan dunia. Niscaya percaya tidak percaya di Indonesia terdapat beberapa tempat terkenal yang kerap kali dijadikan tempat laku pesugihan. Untuk itu bukan on the spot menyajikan tempat laku pesugihan terkenal di Indonesia di bawah ini:

Pesugihan gunung kawi

Gunung kawi, sebuah pegunungan yang terletak di Kawi Jawa Timur ini terkenal sebagai tempat pesugihan yang dahsyat. Konon pada malam-malam tertentu lereng gunung kawi banyak dikunjungi oleh masyarakat yang sengaja melakukan ritual untuk mendapatkan pesugihan baik para pedagang, pekerja, maupun para pengangguran yang terpojokan dengan keadaan ekonomi mereka.

Tempat Terangker di Indonesia | Hantu Terseram di Indonesia | Orang Terkaya di Indonesia


Fakta yang menarik untuk kita cermati bersama bahwa ketika seseorang melakukan ritual pesugihan di gunung kawi ternyata tidak serta merta dilakukan sendiri. Terdapat beberapa orang yang konon membantu mereka dalam mewujudkan keinginannya. Dari petunjuk merekalah para pelaku pesugihan ini mempersiapkan semacam upacara slametan, sesaja dll di gunung kawi yang  tentunya tidak dengan biaya yang ringan.
pesugihan-gunung-kawi

Pesugihan gunung kemukus

Entah dari mana mulanya gunung kemukus yang berada di Sragen Jawa tengah ini terkenal sebagai tempat laku pesugihan terkenal di Indonesia. Berita menghebohkan kerap kali kita dengar tetang tempat pesugihan yang satu ini. Konon para pelaku pencari pesugihan harus melakukan hubungan badan (berzina) secara kontineu dengan orang yang sama guna mendapatkan wangsit di tempat ini.
pesugihan-gunung-kemukus

Dengan adanya kesempatan ini wanita-wanita pencari rejeki malam pun menjadikannya kesempatan emas di tempat ini. Banyak para PSK yang bergentayangan di lereng gunung kemukus untuk menawarkan tubuh dan kemolekannya bagi para pencari pesugihan.

Meskipun secara agama laku tersebut jelas melanggar hukum yang berlaku namun kenyataannya perbuatan ini masih saja terjadi di gunung kemukus.

Pesugihan parangtritis

Saya sempat penasaran ketika ada teman saya yang berada di Bantul, Yogyakarta bercerita bahwa pada malam hari parangtritis juga cukup ramai dikunjungi. Hal tersebut dia sampaikan karena memang ia sering mengunjungi parangtritis pada malam hari untuk sekedar mencari hiburan dan angin malam. 
tempat-laku-pesugihan-terkenal-di-indonesia

Mendengar cerita tersebut tentunya rasa penasarn dan ingin tahu saya muncul sehingga sempat ikut teman saya yang rumahnya tak jauh dari parangtritis ini berkunjung pada malam hari. Kaget juga ketika banyak wanita melambaikan tangan dan menawarkan jasa esek-esek di wilayah patai selatan jawa ini. Saya pikir keramaian inilah yang diceritakan oleh teman saya namun ternyata salah, sesampai di bibir pantai kami melihat beberapa rombongan yang sepertinya melakukan sebuah ritual seperti membakar kemenyan, membawa sesaji dan mandi di pantai malam hari. 

Usut punya usut kegiatan ini merupakan salah satu ritual para pencari pesugihan di pantai parangtritis. Seperti apa dan bagaimana saya sendiri tidak mencari tahu lebih lanjut, yang jelas ketika sedang melakukan ritual mereka tidak akan menghiraukan keadaan sekitar. Bahkan teman saya sempat mengajak saya untuk melihat lebih dekat orang-orang yang sedang melakukan ritual tersebut. Dan hasilnya, mereka seoralah tidak melihat kami yang mendekat dan mengamati tingkah laku ritual mereka.

Pesugihan alas purwo

Selain menjadi salah satu tempat terangker di Indonesia alas purwo yang terkenal akan keindahan alam ini juga banyak dikunjungi orang-orang laku pesugihan. Banyak goa-goa yang berada di alas purwo digunakan sebagai tempat bertapa dan mencari wangsit oleh orang-orang tertentu. Tak heran jika kita mengunjungi tempat ini kerap kali mencium bebauan yang berasal dari kemenyan maupun dupa. 
tempat-laku-pesugihan-terkenal-di-indonesia

Pesugihan lereng merapi

Selain parangtritis masih ada satu tempat lagi di Yogyakarta sebagai tempat laku pesugihan terkenal di Indonesia, tempat tersebut adalah gunung merapa yang berada di perbatasanYogyakarta dan Jawa tengah. Bagaimana diperbincangkan banyak orang dan situs blog bahwa lereng merapi terkenal juga dengan salah satu tempatnya yang bernama watu tumpeng. Di tempat ini kerap kali dijadikan sebagai tempat ritual para pencari pesugihan.
tempat-laku-pesugihan-terkenal-di-indonesia

Lagi-lagi saya pernah dapat cerita dari teman saya yang hobi naik turun gunung. Waktu itu sekitar tahun 2007 sekelompok  teman saya mendaki gunung merapi sebagai penyalur hobinya. Tak disangka mereka yang merencanakan bermalam di gunung merapi selama semalam harus memperpanjang keberadaannya di sana karena tersesat dan tidak menemukan jalan keluar hingga 3 hari. Ia juga bercerita pada hari terakhir mereka bertemu dengan seseorang yang sepertinya merupakan penduduk setempat yang menawarkan tuyul. Rombongan tersebut mengira bahwa tuyul yang dimaksud adalah jasa angkutan umum semacam bus kecil dengan satu pintu yang dulu disebut bus tuyul di Yogyakarta. Namun betapa terkejutnya mereka ketika orang yang mereka temui meminta mereka untuk memilih beberapa patung yang terdapat di lokasi tersebut. Sontak rombongan yang berjumlah kurang lebih 5 orang tersebut langsung lari terbirit-birit hingga ankhirnya mendapatkan jalan keluar dari lereng merapi.

Dari artikel pendek berjudul tempat laku pesugihan terkenal di Indonesia ini ada yang dapat kita jadikan sebagai pelajaran. Segala macam pesugihan yang banyak dilakukan di tempat-tempat tersebut di atas sejatinya hanyalah tipu daya syetan yang ingin menjerumuskan manusia menuju jalan kesesatan. Maka dari itu kita sebagai makhluk berakal dan beragama hendaknya mempertebal keimanan kita kepada Sang Pencipta dan tak mudah putus asa atas usaha yang kita lakukan. Percayalah maut, rejeki, dan jodoh sejatinya telah diatur oleh Sang Pencipta, tinggal bagaiman kita menyikapi dan menjalaninya secara ikhlas dan sabar. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tempat Laku Pesugihan Terkenal di Indonesia